Raja Salman Pecat Menteri Haji Arab Saudi Mohammed Benten

Menteri Haji Arab Saudi

topmetro.news – Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi memecat Mohamed Benten sebagai menteri haji dan umrah. Sebuah dekrit kerajaan mengumumkan pemecatan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi itu, Jumat (12/3/2021).

Jabatan menteri haji dan umrah merupakan posisi dengan peran utama dalam mengatur ibadah tahunan Umat Islam dari seluruh dunia. Sedangkan dekrit kerajaan tersebut dirilis Saudi Press Agency (SPA), media Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Kemudian, Menteri Negara Issam ben Saeed telah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Haji dan umrah, yang menghasilkan miliaran dollar setiap tahun sebelum Pandemi Covid-19, merupakan sumber pendapatan utama bagi Pemerintah Saudi.

“Mohammed Saleh ben Taher Benten, Menteri Haji dan Umrah akan dibebaskan dari posisinya,” tulis SPA dalam tweet-nya, tanpa memberikan alasan di balik pemecatan tersebut.

Benten menjadi menteri pada tahun 2016.

Kerajaan, yang mempertaruhkan reputasinya pada perwaliannya atas situs-situs paling suci Islam di Makkah dan Madinah serta mengelola haji, secara tajam mengurangi jumlah jamaah haji tahun lalu untuk mencegah penyebaran Virus Corona baru (Covid-19).

Geografis Arab Saudi

Kerajaan Arab Saudi atau Kingdom of Saudi Arabia (KSA) adalah sebuah Negara Arab di Asia Barat. Mencakup hampir keseluruhan wilayah Semenanjung Arabia. Dengan luas wilayah kira-kira 2.150.000 km2, Arab Saudi secara geografis merupakan negara terbesar ke lima di Asia dan kedua terbesar di Dunia Arab setelah Aljazair.

Arab Saudi berbatasan langsung dengan Yordania dan Irak ke utara. Kuwait ke timur laut. Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab ke timur. Oman ke tenggara. Serta Yaman ke selatan. Negara ini terpisah dengan Israel dan Mesir oleh Teluk Aqaba.

BACA JUGA | Arab Saudi, Negara Kaya Minyak dengan Utang Maha Dahsyat!

Negara ini adalah satu-satunya negara yang memiliki dua pesisir penting. Yakni Laut Merah dan Teluk Persia. Lalu sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan gurun pasir.

sumber | sindonews.com/wiki

Related posts

Leave a Comment